10 Langkah cepat menciptakan login Hotspot Mikrotik

 Mikrotik adalah piranti jaringan yang hadir sebagai solusi buat level middle-end sebab harganya yang pass terjangkau. Di Samping harganya yang terjangkau, router mikrotik sediakan kapabilitas yang lumayan komplit & mumpuni. Salah satunya yang lumayan terkenal yakni feature hotspot mikrotik.
Hotspot mikrotik merupakan satu buah system buat memberikan feature autentikasi terhadap user yang dapat memanfaatkan jaringan. Menjadi utk mampu akses ke jaringan, client diharuskan memasukkan username & kata sandi terhadap login laman disediakan. Bersama metode ini, kita sanggup jalankan customize cocok kemauan kita seperti pembatasan (limit) akses user, bandwidth management, firewall, dan lain lain. Hotspot mikrotik ini tidak sedikit diperlukan diberbagai ruang seperti cafe, sekolah, Lembaga pemerintah, ataupun ruangan publik yang lain.

Pengaturan hotspot mikrotik tidaklah terlampaui susah, sebab seluruhnya konfigurasi berbasis GUI memakai Winbox yang gampang dipahami. Berikut merupakan langkah-langkahnya :
hotspot mikrotik

10 langkah Menciptakan Login Hotspot Mikrotik


(klik untuk memperbesar gambar)


1. Akses Router Mikrotik Kamu memanfaatkan Winbox, masuk kepada menu IP > Hotspot > Hotspot Setup.

2. Hotspot Interface. tentukan interface mana yang dapat kita pakai yang merupakan jaringan hotspot. sebagai contoh, saya memakai ether2, sedangkan ether1 difungsikan juga sebagai internet access (IP Public).

3. Local Address of Netwrok. Masukan IP Address yang dapat dimanfaatkan buat jaringan Hotspot Kamu. Sample, aku memakai IP address dgn prefix 10.10.10.1/24, janganlah lupa checklist kepada masquerade network.
 
4. Address Pool of Network. Masukan range IP Address yang nantinya dapat didapatkan user saat membuka dgn jaringan Hotspot kita. Sample, saya memakai range mulai dari 10.10.10.10-10.10.10.254. Next

5. Select Certificate. Biarkan default none

6. IP Address of SMTP Server. Terhadap kolom ini bisa dikosongkan, dikarenakan kita tak memanfaatkan SMTP Server.

7. DNS Server. Masukan DNS Server cocok ISP yang Kamu pakai, atau mampu memanfaatkan DNS Google 8.8.8.8 & 8.8.4.4. Sample, aku memanfaatkan DNS lokal aku sendiri 192.168.99.99

8. DNS Name. Opsional, mampu diisi atau dikosongkan.

9. Name of Local Hotspot User. Masukan username & kata sandi utk login ke jaringan Hotspot Mikrotik (kita mampu meneruskan user yang lain di menu IP > Hotspot > Users).

10. Selesai. Setelah Itu utk melaksanakan testing, buka browser ketikan terhadap Address Bar, Local IP Address Hotspot (ether2) yang sudah dibuat tadi. Sampel 10.10.10.1, seandainya sukses sehingga akan muncul halaman login laman seperti di bawah ini.


(klik gambar untuk memperbesar)

Coba login memakai username & kata sandi yang sudah dibuat tadi, jikalau sukses dapat muncul halaman berikut ini.


Sekian Trik 10 Langkah Menciptakan Login Hotspot Mikrotik. Utk pengaturan/customize hotspot mikrotik yang lebih lanjut (advanced) seperti limitasi, bandwidth management, dan lain lain. bakal dibahas terhadap artikel setelah itu. Mudah-mudahan berguna.

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.